Relasi Antara Orang Tua dan Stakeholder sebagai Faktor Pendukung Pengembangan Kultur Sekolah pada Pembelajaran Daring di SMAN 3 Kota Sukabumi

Authors

  • Berlian Bella Juniar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Eka Yulia Radityastuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Sumiati Sani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.56972/jikm.v1i2.13

Keywords:

mutu pendidikan, pembelajaran daring, pengembangan kultur sekolah

Abstract

Upaya perbaikan mutu pendidikan tidak hanya berfokus kepada pengembangan akademik saja, tetapi dalam hal ini kultur sekolah juga sangat berperan penting. Kultur sekolah merupakan salah satu faktor yang menentukan pencapaian prestasi akademik maupun non-akademik serta pelaksanaan proses pembelajaran bagi siswa. Namun di Indonesia pengembangan kultur sekolah masih terbilang kurang optimal, terutama pada masa pandemi Covid-19 yang menghentikan kegiatan pembelajaran secara tatap muka dan berganti dengan sistem daring. Pembelajaran daring mengakibatkan timbulnya kebijakan-kebijakan baru yang mengharuskan sekolah beradaptasi dan mengambil solusi agar pembelajaran daring dan kultur sekolah tetap optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses optimalisasi serta dampak dari relasi antara orang tua dan stakeholder sekolah sebagai salah satu faktor pendukung dalam pengembangan kultur sekolah pada pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Kota Sukabumi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta studi dokumen dengan analisis data induktif. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa proses optimalisasi relasi antara orang tua dan stakeholder yang dilakukan di SMAN 3 Kota Sukabumi berdampak pada pembelajaran daring dan pengembangan kultur sekolah di SMAN 3 Kota Sukabumi pada masa pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, F. A. (2020). Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 38–47.

Amini, A. D., Subekti, E., Reni, D., Perti-wi, K., Keguruan, F., Pendidikan, I., Muhammadiyah Surakarta, U., & Info Abstrak, A. (2020). Imple-mentasi Model Pendidikan Alter-natif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletin Pengem-bangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–7.

Arifa, F. N., 2020. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, XII(7).

Astuti, S. I., 2009. Desentralisasi dan Partisipasi dan Pendidikan. Yogyakarta: UNY .

Efianingrum, A., 2007. Kultur Sekolah yang Kondusif Bagi Pengembangan Moral Siswa. Disnamika Pendidikan.

Hasan, K., 2018. Model Kultur Sekolah Berbasis Multipleintelligence. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pem-belajaran Olahraga dalam Pem-belajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelaja-ra, 2(2), 28–35.

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N. & Andriani, F., 2021. Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, V(1).

Latip, A., 2020. Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, I(2).

N. & Juniarti, Y., 2017. Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, II(1).

Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., Sufanti, M., & Rohmadi, R. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.14550

Nuraini, R., 2020. Kasus Covid-19 Pertama, Masyarakat Jangan Panik. [Online] Available at: https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam- angka/ekonomi/kasus-covid-19-pertama-masyarakat-jangan-panik

Octaviani, F. R., Murniasih, A. T., Kusu-ma, D., Agustina, L., Keguruan, F., & Surakarta, U. M. (2020). Aper-sepsi Berbasis Lingkungan Sekitar sebagai Pemusatan Fokus Pem-belajaran Biologi Selama Pem-belajaran Daring. Buletin Pengem-bangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 8–17.

Prabhawani, S. W., 2016. Pelibatan Orang Tua dalam Program Sekolah di Tk Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Issue 2.

Sobri, M., . N., Widodo, A. & Sutisna, D., 2019. Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, VI(1).

Sun’iyah, S. L., 2020. Sinergi Peran Guru dan Orang Tua dalam Mewujudkan Keberhasilan Pembelajaran PAI Tingkat Pendidikan Dasar di Era Pandemi Covid-19. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, VII(2).

Suwendra, W., 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bali: NILACAKRA.

Valeza, A. R., 2017. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung.UIN Raden Intan Lampung.

WHO, 2020. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Advocacy. [Online] Available at: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/healthy-parenting

worldometer, 2021. COVID-19 CORONAVIRUS PANDEMIC. [Online] Available at: https://www.worldometers.info/coronavirus/

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

Berlian Bella Juniar, Radityastuti, E. Y. ., & Sani, S. . (2021). Relasi Antara Orang Tua dan Stakeholder sebagai Faktor Pendukung Pengembangan Kultur Sekolah pada Pembelajaran Daring di SMAN 3 Kota Sukabumi. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 78–85. https://doi.org/10.56972/jikm.v1i2.13

Issue

Section

Articles