About the Journal


Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
(JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (ALPTK PTMA).

Tujuan jurnal imiah ini adalah untuk mensosialisasikan, mempublikasikan, dan mendeseminasikan hasil, temuan, inovasi, dan rekomendasi hasil-hasil pelaksanaan program kampus merdeka yang dilaksanakan baik di lingkungan pendidikan formal, pendidikan informal, maupun pendidikan non formal.

Program kampus mengajar hakikatnya untuk mengembangkan, memberdayakan, meningkatkan, membudayakan, membudidayakan, menguatkan, melatih, menerampilkan, menumbuhkan, menumbuhkembangkan, merevitalisai, menghidupkan kembali, dan/atau bentuk-bentuk inovasi pengembangan serta pemberdayaan sasaran masyarakat pendidikan secara luas.

Jurnal ini memfokuskan kajiannya pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan-pelatihan, seperti: pendidikan masyarakat, pendidikan komunitas, pendidikan perintis, pendidikan tematik, sekolah penggerak, kampus mengajar, dan/atau pengembangan serta rekayasa pendidikan lainnya baik di lingkungan masyarakat pendidikan formal, informal, maupun pendidikan nonformal dalam konteks pendidikan global.

Submit artikel hasil program Kampus Mengajar Anda melalui our online system! Petunjuk penulisan mengacu ke Author Guidelines, tambahkan Copyright Transfer Agreement (CTA) (unduh CTA here) and Declaration of Originallity (DoO) (download the DoO Form here). Gunakan sistem sitasi elektronik dengan software seperti Mendeley, Zotero, atau software elektronik lainnya.

Identitas Jurnal

Title: Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
e-ISSN 2828-6375
Publisher: Asosiasi LPTK PTMA (ALPTK PTMA)
Email: jikm@alptkptm.org
Telp: +6271717417 ext 2197 | 2130
Alamat: ALPTK PTMA, Jalan Ahmad Yani No. 137, Pabelan, Surakarta, Indonesia 57169
Periode Terbit: April & Oktober
Tahun Terbit Pertama: April 2021

Current Issue

Vol. 1, No. 2, Oktober 2021
View All Issues